Ilustasi Pembelajaran dengan CAI
sumber : http://saufacenter.blogspot.com/2013/05/belajar-ilmu-komputer.html
Menurut Mariah (2012:34) dan Isnandar (2010:24), terdapat 4 model
program yang biasanya digunakan dalam pembelajaran komputer tipe
Computer Assisted Instruction, yaitu drill & practice, simulasi,
tutorial dan instructional games. Apa saja program pembelajaran fisika
yang dapat dibuat yang memiliki bentuk-bentuk di atas. Berikut adalah
beberapa ide yang sempat saya pikirakan
Drill & Practice
Program
berbentuk drill & practice biasanya berisi tentang latihan
soal-soal. Dengan bentuk seperti ini, beberapa program pembelajaran yang
dapat dapat dibuat adalah :
1. Latihan mengerjakan soal saja (contoh soal dan cara mengerjakan) tanpa umpan balik
2. Latihan mengerjakan soal saja (contoh soal dan cara mengerjakan) dengan umpan balik
3. Tes evaluasi tanpa pembahasan dan remedial
4. Tes evaluasi dengan sistem remedial dan tanpa pembahasan
5. Tes evaluasi dengan sistem remedial dan dengan pembahasan
Simulasi
Program
berbentuk simulasi biasanya berisi tentang simulasi yang berkenaan
dengan tiruan dari kejadian nyata. Dengan bentuk seperti ini, beberapa
program pembelajaran yang dapat dapat dibuat adalah :
1. Demonstrasi suatu fenomena alam tanpa kontrol
2. Demonstrasi suatu fenomena alam dengan kontrol
3. Percobaan fisika
4. Percobaan fisika dengan variabel bebas yang dapat ditentukan oleh siswa
Tutotial
Program
berbentuk turorial biasanya bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam
mempelajari materi pembelajatan. Dengan bentuk seperti ini, beberapa
program pembelajaran yang dapat dapat dibuat adalah :
1. Buku kumpulan materi fisika
2. Buku kumpulan materi fisika dilengkapi contoh soal
Instructional Games
Program
berbentuk instructional games biasanya berisi tentang games atau
permainan komputer yang dapat digunakan oleh siswa dalam mempelajari
materi fiska. Penyajian materi dilakukan dengan cara dan cerita yang
menarik sehingga membuat siswa tertarik untuk belajar fisika. Dengan
bentuk seperti ini, beberapa program pembelajaran yang dapat dapat
dibuat adalah :
1. Games untuk mempelajari materi
3. Games untuk mengevaluasi kognitif siswa
Referensi :
Isnandar,
Ahmad. (2010). Efektivitas Penggunaan Computer Assisted Instruction
Model Games dengan Satu Komputer dalam Pembelajaran Sains di Sekolah
Dasar. Skripsi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI :
Tidak diterbitkan.
Mariah,
Siti. (2012). Pengaruh Media Computer Assisted Instruction Model Games
terhadap Kemampuan Bilangan Anak Taman Kanak-Kanak. Skripsi Jurusan
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) FIP UPI : Tidak
diterbitkan.
|
0 komentar:
Posting Komentar