Senin, 12 September 2016

Catatan untuk guru :

Jika siswa hendak melakukan penelitian, banyak sekali hambatan yang dirasakan. Salah satunya adalah hambatan padatajap paling awal yaitu menentukan ide penelitian. Ide penelitian dapat ditentukan dengan berbagai cara tegantung untuk tujuan apa penelitian itu dilakukan. Apa pun tujuan penelitiannya, beberapa hal berikut ini harus diperhatikan ketika menentukan ide penelitian yang dilakukan oleh siswa :

1. Ide penelitian sebaiknya berasal dari siswa.
Pertama-tama siswa diperbolehkan untuk menentukan ide penelitian mereka sendiri. Kenapa? Karena biasanya mereka akan lebih tahu apa yang ingin mereka kerjakan sehingga ketika mereka merasa menyerah di tengah jalan, rasa motivasi mereka akan lebih mudah untuk kembali dibangkitkan. Bagaimana? Salah satu contohnya adalah dengan menuntun siswa untuk mengambil ide penelitian yang terjadi di kehidupannya seharihari atau bahkan merupakan masalah yang pernah dan sedang dialami siswa.

2. Guru harus tetap menjadi penentu
Meskipun kita membiarkan siswa menentukan ide, guru haruslah yang menjadi penentu ide itu diterima atau tidak. Hal ini bukan berdasarkan gurunya suka atau tidak suka dengan ide nya, tetapi lebih ke detail penelitiannya. Jadi, sebagai guru, perlu juga untuk mbimbing anak sampai ke hal-hal detail sehingga penelitian yang dipilih anak memang bisa dilakukan, terutama dalam hal :
- apa tujuan penelitiannya?
- mengapa ingin meneliti hal itu?
- bagaimana cara menelitinya?
- kapan? Butuh waktu berapa lama?
- informasi apa yang ingin kamu daper dari penelitian kamu?

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar