Selasa, 04 November 2014

SYARAT MENDAPATKAN STL

Melakukan perbaikan skripsi hasil ujian sidang
1.        Jika ada revisi yang banyak, hasil revisi diperlihatkan terlebih dahulu kepada penguji sidang
2.        Jika tidak ada revisi, tidak perlu diperlihatkan lagi kepada penguji

Meminta tanda tangan pembimbing dan ketua jurusan pada lembar pengesahan
1.    Lembar penegsahan dicetak 5 kali dengan menggunakan kertas jeruk. Setiap lembar diperuntukkan untuk keperluan berbeda :
-          1 lembar untuk pembimbing 1
-          1 lembar untuk pembimbing 2
-          1 lembar untuk skripsi perpustakaan
-          2 lembar untuk arsip kita sendiri
2.    Meminta tanda tangan pembimbing 1 dan pembimbing 2.
3.    Menjilid skripsi.
Jangan lupa untuk memasukkan lembar hask cipta yang ba didownload di alamat website perpus UPI. Jumlah skripsi yang dijilid bergentung kepada kebuthan. Biasanya skripsi yang dijlid kita butuhkan untuk diserahkan ke perpus UPI. Skripsi untuk perpus UPI ini memang bersifat wajib. Ada bebrapa dosen pemimbing juga yang membutuhkan skripsi kia yang sudah dikilid. Namun, jika dosen pemimbing kita hanya meminta soft file skripsi kita, maka kita hanya memutuhkan 1 (satu) skrpsi saja untuk dijilid, yaitu untuk perpus UPI saja.
4.    Meminta tanda tangan ke ketua jurusan di lembar pengesahan
5.    Menyerahkan lembar pengesahan kepada pembimbing 1 dan pembimbing 2
Selain lebar pengesahan, biasanya dosen pembimbng akan meminta fotokopi dari lembar bimbingan, SK Pembimbing dan cover skripsi kita. Semua itu untuk arsip beliau.

Menyeahkan CD berisi file skripsi ke tim Skripsi Jurusan
1.        CD diserahkan ke tim skripsi
Susunan file yang ada dalam CD disamakan dengan perpus UPI. Tidak ada ketentuan mengenai pembungkus CD yang harus kita gunakan. Tapi yang jelas, untuk kerapihan dan etika, CD tersebut harus dibungkus dan kia harus membubuhkan identitas kia di CD dan pembungkus tersebut.
2.        Selain itu, kita harus meng-upload file skripsi di komuputer jurusan yang ada di ruang dosen di LFD. Untuk menguapload file ini, kita harus menghubungi Ibu Winny terlebih dahulu karena beliau yang mengetahui bagaimana cara upload file skripsi. Setelah log in di komputer, kita akan diminta untuk memasukkan beberapa data telebih dahulu kemudian mengupload file skipsi. Hanya satu file yang harus di-upload, sehingga kita harus menyiapkan satu file yang berisi data skripsi kita mulai dari cover sampai daftar pustaka. Data lampian tidak perlu di-upload
3.        Setelah upload selesai, kita akan mendapatkan surat keterangan telah menyerahkan CD dan upload file skripsi yang ditanda tangani oleh tim skripsi (Bu Winny atau Bu Heni)

Surat Keterangan bebas Lab
1.        Format surat keterangan ini dapat diminta di Bu Hana. Syarat mendapatkan format ini adalah dengan memperlihatkan skripsi yang sudah dijilid
2.        Kita harus meminta tanda tangan ke setiap laboran dan ketua laboran (kalab)
Daftar nama laboran dan ketua lab
No.
Lab
Laboran
Ketua Lab
1
Lab Bumi dan Antariksa
Bu Atit
Pak Nanang
2
Lab Fisika Dasar
Bu Hana
Pak Endi
3
Lab Elektronika dan Instrumentasi
Pak Rizal
Pak Agus Danawan
4
Lab Fisika Lanjut
Pak Endang
Pak Parlin
5
Lab Fisika Material
Pak Endang
Pak Andi Setiawan
6
Lab Pembelajaran Fisika
(Lantai 4 gedung FPMIPA B)
Pak Aceng
Pak Ridwan
Kita harus meminta tanda tangan laboran terlebih dahulu kemudian tanda tangan dosen kalab. Supaya kita tidak menunggu-nunggu dosen kalab sampai berjam-jam atau malah tidak mendapatkan tanda tangannya sama sekali karena dosen kalab tidak datang ke kampus, sebaiknya kita mengubungi dosen kala terlebih dahulu atau kita hanya datang ke kampus di jadwal mengajar dosen tersebut. Hal ini tebukti efektif untuk mendapatkan tanda tangan tanpa menunggu beliau sampai berjam-jam.

Surat Keterangan dari Jurusan
Surat keterangan bebas lab dan keterangan telah menyerahkan CD kemudian diserahkan ke TU Jurusan. Setelah itu TU jurusan akan memberikan surat keterangan telah sidang dan bebas lab untuk diserahkan ke TU FPMIPA. Keterangan bebas lab yang telah penuh dengan tanda tangan akan dilampirkan pada surat keterangan ini. Lamanya kia mendapatkan surat keterngan in bergantung dari ada atau tidaknya kajur atau sekjur di hari itu, karena surat keterangan itu harus ditanda tangani ole kajur atu sekjur.

Surat Keterangan Bebas Perpus
Surat ini bisa diurusn bersamaan dengan surat keterangan bebas lab.  Ketentuan isi CD skrips ada di lembar yang didapatkan dari Perpus pada saat kita mengurusi surat bebas Perpus untuk syarat sidang.
1.        Skripsi yang telah djilid diserahkan ke lantai 2 (ruang skripsi)
Kita akan mendapatkan surat keterangan (ukuran kecil) telah menyerahkan skripsi
2.        CD berisi file skripsi diserhakan ke lantai 1 (ruang data)
a.     Jangan lupa mengisi lembar yang diapatkan dari Perpus pada saat kita mengurusi surat bebas Perpus untuk syarat sidang. Lambar itu kemudian diserahkan di sini.
b.    CD tidak perlu dibungkus, yang penting diberi nama, NIM dan prodi.
c.     Kita akan mendapatkan surat keterangan (ukuran kecil) telah menyerahkan CD Skripsi
3.        Kita harus menyerahkan suat yang didapat di langkah 1 dan 2 ke petugas perpus yang sam dengan keika kia mengurus surat bebas perpus untuk sidang. Kita harus menyumbang sejumlah uang.

Surat Keterangan Bebas Kurikulatorium
Syaratnya :
1.        Tidak ada buku yang dipinjam. Jika ada harus dikembalikan
2.        Menyumbangkan buku (daftar buku ada di kurikulatoriium dan biasanya merupakan bku yang kita gunakan ketika kuliah). Sumbangan buku dapat diganti dengan uang

Surat Tanda Lulus (STL)
STL bisa didapatkan di TU FPMIPA, dari petugas yang sama dengan ketika kita mendaftar untuk sidang. Syarat untu mendapatkan STL adalah :
1.    Surat keterangan dari jurusan (dan lampiran berupa suarat bebas lab)
2.    Surat keterangan bebas perpus
3.    Surat keterangan bebas kurikulatorium
4.    Satu CD beris file skripsi dalam bentk PDF (susunannya sama dengan yang diserahkan ke perpus UPI)
Berkas-berkas di atas sebaiknya diserahkan dalam map kuning (sesuai dengan map yang digunakan untuk mengumpulkan berkas-berkas ketika daftar sidang)
Catatan :
1.    STL hanya berisi  data tentang nama, TTL, NIM, prodi, tanggal sidang, Yudisium dan IPK. Transkrp nilai dapat diminta di TU Fakultas.
2.    STL ini berlaku sampai kita mendapatkan ijazah

PENTING!!!!!
Setelah kita mendapatkan STL, kita harus menyerahkan PROFIL WISUDAWAN (hasil entri di komputer fakultas, komputer yang sama dengan ketika kita mengentri nilai) dan COVER SKRIPSI ke BAAK (loket FPMIPA). Kedua berkas ini adalah syarat untuk mendapakan ijazah saat kita wisuda.

0 komentar:

Posting Komentar